Dicari: Guru Privat Kompeten

Dicari : Guru Privat Kompeten

Tahukah Anda, bahwa Mario Teguh, motivator nasional yang sering muncul di acara Golden Ways, dibayar 750 ribu rupiah per menit? Rhenald Kasali dibayar 50 juta untuk bicara kurang dari 2 jam. Pengacara kondang almarhum Adnan Buyung Nasution dibayar USD 10.000 per jam untuk konsultasi dengannya. Mengapa mereka dibayar mahal? Karena mereka punya kompetensi di bidangnya masing-masing.

Guru Kompeten Guru Profesional

Guru Kompeten Guru Profesional

Saat ini banyak orang yang mengklaim dirinya sebagai pakar di bidang tertentu. Tentu saja tidak salah dan sah-sah saja. Salah satu profesi yang mendorong orang untuk “mengikrarkan diri” sebagai pakar adalah guru privat. Misalnya menyebut sebagai pakar matematika, pakar bahasa Inggris, pakar Fisika dan seterusnya. Dan mereka pun menetapkan tarif yang tinggi untuk biaya kursus privatnya.

Sebenarnya, berapakah biaya yang “pantas” untuk jasa les privat? Tentu tergantung dari kompetensi guru tersebut. Jika dia memang fokus ke bidang tertentu dan punya pengalaman bertahun-tahun, bahkan pernah menulis buku untuk tema tersebut, maka kalau dia menetapkan harga di atas “harga pasaran” tidak serta-merta dicap mahal. Karena itu adalah harga dari sebuah profesionalitas yang dibangun bertahun-tahun. Persis seperti dokter gigi. Mengapa mencabut gigi yang hanya butuh waktu tidak sampai 5 menit biayanya sangat mahal? Karena semakin berpengalaman seseorang, maka semakin cepat orang tersebut menyelesaikan pekerjaannya dengan kualitas terbaik.

Mungkin saja guru privat yang lain lebih murah, tapi butuh waktu yang lama untuk menyerap materi yang disampaikannya.  Sementara guru yang lain lebih mahal, tapi anak mudah menyerap pelajarannya. Ini adalah pilihan. Dan untuk mengetahui rekam jejaknya, bisa menanyakan ke murid-muridnya. Namun apabila tidak memungkinkan, bisa dengan wawancara guru tersebut untuk mengetahui dan mengukur kompetensi keilmuannya serta kapabilitas mengajarnya.

Guru profesional memang punya passion di bidangnya dan juga dalam mengajar. Uang bukan tujuan utama, namun peningkatan kapasitas diri adalah fokus yang dicari oleh guru tipe ini. Makin fokus, makin mahal. Maka tidak heran jika sekolah-sekolah bertaraf internasional selalu menetapkan tarif yang mahal. Wajar, karena guru-guru mereka adalah para profesional di bidangnya masing-masing dan punya passion yang tinggi dalam mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose