This is default featured slide 1 title

This is default featured slide 1 title

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

This is default featured slide 2 title

This is default featured slide 2 title

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

This is default featured slide 4 title

This is default featured slide 4 title

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

This is default featured slide 5 title

This is default featured slide 5 title

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

 

Ingin Sukses Masuk ITB ?

Jadi Pribadi Kreatif, Salah Satu Kunci Sukses Masuk ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) dapat dikatakan merupakan institusi teknologi pendidikan paling bergensi di tanah air.

Guru Les Privat. ITB telah diberi stereotip yang sangat positif sebagai perguruan tinggi teknologi dibandingkan dengan universitas lain di Indonesia. Lulusan ITB banyak bekrja di perusahaan-perusahaan terbaik dan banyak pula yang berhasil menyelenggarakan bisnisnya sendiri di bidang teknologi. Banyak siswa yang ingin sukses masuk ITB karena kebanggaan-kebanggan tersebut. Guru Les Privat.
ITB menyeleksi calon mahasiswa melalui SBMPTN dan ujian mandiri. Khusus SMBPTN, tentu calon mahasiswa harus gigih belajar demi memahami konsep menyeluruh mengenai materi yang diujikan.

Sukses Masuk ITB

Sukses Masuk ITB

Rahasia Sukses USM ITB

Pada Ujian Saringan Masuk (USM) ITB, keunggulan dalam kepribadian menjadi persyaratan tambahan. Seorang calon mahasiswa dituntut agar kreatif dalam menyelesaikan persoalan.
Kreativitas tersebut diterapkan dalam penyelesaian soal potensi akademik, bahasa, hingga tes koran yang dikenal menguji ketangguhan seseorang dalam mencapai tujuannya. Pribadi yang mampu menyelesaikan masalah secara kreatif memiliki peluang lebih besar untuk lulus pada ujian tersebut dan sukses masuk ITB.

Kecepatan berpikir, keterbukaan pikiran, dan keseimbangan metode berpikir secara konvergen-divergen amat diperlukan.

==========================================================

Hotline Service : 0896 8017 6245

==========================================================

Tentunya, di luar faktor keberuntungan X yang bisa datang dari mana saja.
Untungnya, kreativitas bisa dilatih. Dalam ilmu psikologi, kreativitas bukanlah bakat melainkan kemampuan.

Calon mahasiswa sudah sepatutnya memupuk kreativitas agar menjadi pribadi kreatif diantaranya dengan proaktif, berpikiran terbuka, senang pada hal baru, orisinil, dan lain-lain. Sikap tersebut sebaiknya diaplikasikan dalam metode belajar agar peluang sukses masuk ITB semakin besar.

les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

Tips Sukses Masuk STAN

Tips Sukses Masuk STAN

Guru Les Privat. Puluhan ribu calon mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia mendaftar seleksi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) setiap tahunnya. Wajar saja, STAN membuka peluang besar kepada mahasiswanya untuk menjadi PNS di lembaga keuangan negara. Andai kata mahasiswanya ingin bekerja di luar lembaga pemerintahan, maka kualitas mahasiswa tersebut bisa digolongkan sangat baik karena kapabilitas STAN sudah tidak diragukan lagi. Walaupun programnya D3, STAN masih lebih baik dari hampir semua program S1 akuntansi di seluruh Indonesia. Karena itulah banyak calon mahasiswa ingin sukses masuk STAN. Guru Les Privat

Guru Les Private Terbaik

Guru Les Private Terbaik

Latih Kemampuan Logika

Agar calon mahasiswa STAN lebih siap berperang di USM STAN, calon mahasiswa perlu melatih kemampuan logika dan bahasa dengan baik. Karena, komponen soal yang diujikan pada seleksi masuk STAN merupakan persoalan yang menuntut keterampilan berpikir secara logis secara numerik maupun linguistik.

Sukses Masuk STAN

Sukses Masuk STAN

Calon mahasiswa yang ingin suskses masuk STAN dapat melatih dirinya dengan mengerjakan soal tes potensi akademik, deret angka, deret gambar, bahasa, hingga berlatih menulis maupun berbicara dengan bahasa Inggris.
Selain itu, calon mahasiswa sebaiknya mengetahui perkembangan informasi terkini sebagai bagain dari pengetahuan umum yang diujikan pada USM STAN. Terlepas dari kepentingan sukses masuk STAN, kebutuhan akan pengetahuan umum sebaiknya memang dipenuhi. Jadi, calon mahasiswa STAN bisa menjadi seseorang yang terkini (up to date) sambil mempersiapkan diri menjadi mahasiswa STAN.

==================================================

Hotline Service : 0896 8017 6245

==================================================

Jadi peluang masuk STAN dapat diraih oleh siap saja yang ingin sukses, dengan kerja keras dan kesungguhan semua akan dapat diraih. Peluang akan semakin besar sekiranya dibimbing oleh guru les privat yang telah pengalaman dan diterima juga di STAN. Kami siap membantu anda yang ingin berhasil diterima di STAN melalui program les privat yang fokus dan terencana dengan baik.

les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

Menjadi Guru Privat Profesional

Menjadi Guru Privat Profesional

Guru Les Privat Profesional

Guru Les Privat Profesional

Guru Les Privat. Guru privat bukan berarti tidak profesional seperti guru formal di sekolah. Bahkan, sebetulnya menjadi guru privat itu tuntutan dan tanggung jawabnya juga besar. Pasalnya, ia akan memiliki hubungan yang lebih intim dengan siswanya. Ia dituntut untuk bisa memberikan perhatian penuh pada peserta didiknya. Orang tua siswa juga mengharapkan agar hal-hal yang tidak dimengerti siswa di sekolah dapat dijelaskan dengan lebih baik oleh guru privat. Jika kamu akan memulai karirmu sebagai seorang guru privat, kamu perlu mengetahui hal-hal berikut ini di hari pertamamu mengajar. Dijamin, kamu akan terlihat profesional. Guru Les Privat

Sebelum menerima pekerjaan menjadi guru privat, kamu pasti sudah mengetahui beberapa hal mengenai siswamu. Misalnya, nama siswa, jenjang pendidikannya, kelasnya, alamat rumahnya dan mata pelajaran yang akan kamu ajar. Pastikan kamu hafal informasi tersebut di luar kepala. Tidak perlu mencari informasi sampai stalking media sosial siswa, ya. Hal tersebut malah akan membuatmu tidak profesional.

Datang Tepat Waktu

Dalam pekerjaan apapun, tepat waktu merupakan hal yang penting. Jika memungkinkan, sebaiknya kamu cek lokasi rumah siswamu terlebih dahulu sebelum hari pertamamu mengajar. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi berapa waktu yang akan kamu tempuh dalam perjalanan menuju rumah siswa. Kamu juga akan terhindar dari nyasar. Datang sedikit lebih awal lebih baik daripada datang terlambat.

Menggunakan Pakaian Yang Sopan

Meskipun terkesan santai karena mengajar di rumah, kamu tetap harus mengenakan pakaian yang sopan. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan yang dapat membantu kamu dalam mengajar. Misalnya, alat tulis dan buku terkait mata pelajaran yang akan kamu bahas di hari itu, serta media ajar yang menunjang. Malu, dong, kalau harus meminjam alat tulis milik siswamu? Jika kamu mau mengajar secara lebih kreatif dengan bantuan teknologi, kamu bisa membawa laptop.

====================================

Hotline Service : 0896 8017 6245

====================================

Berkenalan Dengan Orang Tua Siswa

Jika orang tua dari siswamu ada di rumah saat kamu datang, jangan lupa untuk berkenalan. Tanyakan hal-hal mengenai siswa yang dapat membantu kamu dalam mengajar. Misalnya, bagaimana gaya belajar, minat, atau prestasi siswa selama ini. Selain itu, tanyakan juga harapan dari orang tua siswa terhadap kegiatan belajar privat yang kamu ajar. Kamu juga bisa mengobrol santai dengan mereka, siapa tahu mereka bisa memperluas networking-mu.

Tanyakan Kesulitan Yang Dihadapi

Di sela-sela mengobrol, coba tanyakan kesulitan apa yang siswamu sering hadapi. Dengan demikian, kamu jadi tahu apa yang paling dibutuhkan oleh siswamu. Misalnya siswamu kesulitan di bidang fisika, kamu jadi bisa memperbanyak pembahasan mengenai Fisika. Mungkin ada juga topik-topik tertentu yang sulit untuk ia pahami. Kamu jadi bisa mengajar dengan lebih efektif, deh.

Berikan Apresiasi Kepada Siswa

Sebagai seorang guru privat, kamu harus menjadi teman belajar yang menyenangkan. Berikan penjelasan dengan perlahan sampai siswamu paham. Jangan lupa untuk mengapresiasi siswa saat ia berhasil memahami suatu pelajaran. Siswa akan merasa senang jika diberi apresiasi dan dampak positifnya, ia juga akan semakin semangat belajar.

Nah, jangan lupa lakukan hal di atas ya saat pertama kali datang ke rumah siswa privatmu. Jika ini bukan kali pertamanya kamu mengajar, tidak ada kata terlambat untuk memulai, kok, smart buddies. Yuk bangga jadi guru dengan terus berusaha menjadi guru privat yang profesional. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang berprofesi sebagai guru privat, ya. Ceritakan juga pengalamanmu mengajar untuk pertama kalinya di kolom komentar.

les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Tips Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

Tips Memilih Jurusan

Tips Memilih Jurusan

Guru Les Privat. Pada umumnya siswa yang telah lulus dari SMA, SMEA, SMK dan jenjang sederajat lainnya akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri / PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta / PTS. Pada perguruan tinggi terdapat penjurusan mahasiswa berdasarkan subyek mata kuliah yang diambil. Setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda. Jurusan yang memiliki sifat yang serupa akan digabung dalam suatu fakultas, akademi, sekolah tinggi, dan lain sebagainya. Guru Les Privat
Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa / mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi Anda di masa depan.
Cara memilih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik:

Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memilih jurusan teknik geodesi jika Anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi.
Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan matematika dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil. Kemudian lihat bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

Informasi yang Sempurna

Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend.
Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.

======================================

Hotline Service : 0896 8017 6245

======================================

Lokasi dan Biaya

Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.
Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana anda. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan Anda.

Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.
Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Adanya seleksi massal yang murni seperti UMPTN, SPMB, Sipenmaru dan lain sebagainya dapat menjegal masa depan studi Anda jika tidak persiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan Anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki.
Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada SPMB ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan dan tempat yang Anda cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan Anda.

Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah ke depan setelah Anda lulus nanti. Apakah jurusan yang Anda ambil nanti dapat mengantar Anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang Anda ambil sah-sah saja.
Biarkanlah hati dan akal sehat Anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai. Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan Anda.

les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

Belajar Menyukai Pelajaran Yang Tidak diSukai

Belajar Menyukai Pelajaran Yang Tidak diSukai

Menyukai Pelajaran Yang Tidak diSukai

Menyukai Pelajaran Yang Tidak diSukai

Guru Les Privat. Umumnya kita sebagai seorang pelajar ada yang pilih-pilih dengan materi pelajaran tertentu disekolah, dan ini biasanya juga berdampak pada guru yang akhirnya tidak disukai pula. Sudah benci dengan pelajarannya, benci juga pada gurunya. Kasus seperti ini banyak terjadi dan kita lihat disekolah kita. Guru Les Privat

Yaa… Meskipun pada dasarnya kita sebagai pelajar sudah tahu kalau hal ini adalah perilaku yang tidak baik, namun tidak ada kapok-kapoknya juga sih menjadi pelajar yang demikian. Tetapi akankah kita selalu mencerminkan sikap seperti ini pada salah satu mata pelajaran, termasuk pada gurunya? Sebagai pelajar yang baik dan mengerti arti pendidikan, harusnya mampu kita rubah. “Kalau bukan diri kita yang merubahnya dari awal, siapa lagi?

Kita tahu betapa pentingnya sekolah untuk masa depan kelak, dan kita juga tahu betapa ruginya jika kita tidak belajar. “Lalu haruskah mengeluh, haruskah sebel dengan salah satu materi yang hanya karena kita tidak menyukainya? Kapan akan naik level jika perilaku kita tetap demikian.

Nah? Bagi kalian yang mungkin memang benci dengan salah satu pelajaran disekolah, kalian bisa mulai belajar menyukainya dengan metode ini. Belajar Menyukai Pelajaran Yang Tidak Disukai, wah? Kira-kira seperti apa yah? Yuk! Kita simak bersama-sama uraiannya.

====================================

Hotline Service : 0896 8017 6245

====================================

Membuang Rasa Malas

Buang rasa malas atau tidak suka dengan berfikir, “kalau saya tidak berkembang, bagaimanakah nilaiku nantinya, bagaimanakah aku bisa cerdas menuntaskan ujian sekolah, dan bagaimana prestasiku. Berfikirlah bahwa pendidikan itu memang penting, dan berfikirlah tentang kerugian apa yang akan dialami jika kita tidak mau belajar memahami. Intinya, tingkatkan kemauan untuk bisa memahami perlahan-lahan meskipun itu menurut kalian gak enak, sekali lagi berfikirlah hasil positifnya jika kalian mau berubah.

Jangan Menutup Diri Terlebih Dahulu

Umumnya kasus yang terjadi adalah, ketika kita sudah dihadapkan pada mata pelajaran yang kita benci, kita langsung menghiraukannya, enggan untuk focus, enggan juga untuk memperhatikan guru saat dijelaskan.

Sebenarnya tidak ada ruginya untuk sedikit mau membuka diri, bukan menutup diri terus-menerus, niatkan bahwa diri Anda harus bisa dan harus bisa, dan sekali lagi memikir kerugiannya, agar diri menjadi termotivasi.

Share Dengan Teman Yang Menguasai Materi Yang Tidak Disukai

Kita terkadang melupakan cara terbaik ini, bukankah sharing dengan teman yang menguasai materi memudahkan kita untuk memahami pelajaran tersebut? Tanyakan padanya, seperti apakah rumusan-rumusannya, atau kemudahannya. Langkah-langkahnya seperti apa, dan tanyakan semua hal yang menurut diri kalian kurang faham.

Ini jauh lebih baik daripada kalian murung dikelas dan tidak mengatasi problemnya, ingat! Masalah pada diri saat belajar harus diatasi dengan solusi, mencari solusi.

 

Cukup seperti itulah sedikit tips yang semoga bermanfaat tentang Belajar Menyukai Pelajaran Yang Tidak Disukai. Selamat mencoba!

les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

Disiplin Waktu, Belajar, Siswa di Sekolah

Disiplin Waktu, Belajar, Siswa di Sekolah

Disiplin

Disiplin

Disiplin Belajar

Guru Les Privat. Belajar adalah suatu panggilan hidup karena tanpa belajar akan mengakibatkan menurunya kualitas diri seseorang. Penjelasannya, melalui belajarlah seseorang akan menjadi sadar akan dirinya dan lebih baik dalam menjalani kehidupannya yang penuh warna-warni. Hanya saja untuk belajar secara konsisten tidaklah segampang yang dikira karena membutuhkan kesadaran diri, dimana kesadaran diri tersebut dapat termanifestasi dalam disiplin belajar. Definisi disiplin belajar sangat banyak dari ahli-ahli pembelajaran, namun dalam tulisan ini akan menggunakan pengertian disiplin belajar menurut penulis sendiri. Tepatnya, disiplin belajar adalah kesadaran diri untuk mengendalikan atau mengontrol dirinya untuk sungguh-sungguh belajar. Guru Les Privat
Berpijak pada definisi tersebut, diketahui bahwa disiplin belajar sebenarnya suatu bentuk kesadaran diri untuk mengendalikan dirinya. Dalam hal ini, disiplin belajar berfungsi sebagai pengendali diri yang berada pada diri orang tersebut sehingga belajar akan penuh kesadaran, tanpa paksaan dan penuh sukacita/bersyukur. Spesifikya yaitu orang yang berdisiplin belajar akan belajar tanpa paksaan dan sadar untuk belajar dan belajar. Memang untuk mengaplikasikan pengertian disiplin belajar ini tidaklah mudah tetapi tidak berarti tidak mungkin berhasil. Karena untuk mampu disiplin dalam belajar memerlukan suatu perenungan untuk terus bertanya pada diri mengapa saya harus belajar hingga orang tersebut memperoleh suatu alasan yang mendalam dan memuat spiritualitas, emosi dan kognitif mengapa harus belajar.
Lanjut bahwa bermodalkan kesadaran diri untuk mau berdisiplin belajar akan membawa manfaat, diantaranya adalah bagaimana menggunakan belajar sebagai alat dan bukan tujuan sejatinya. Menimbang bahwa tujuan sejatinya dari belajar adalah menjadi dirimu seutuhnya (be your self) yang dicirikan salah satunya dengan berinsiatif dalam belajar dan mau mengupdate kemampuan diri demi kemajuan diri yang akan terpantulkan pada lingkungan dimana anda bereksistensi. Spesifiknya yaitu akan memantulkan atau terkristalkan pada orang lain sehingga orang lain pun menjadi berdisiplin belajar demi kemajuan diri atau proses menjadi manusia yang sadar diri, tahu diri dan kenal diri. Dengan demikian, tujuan dari disiplin belajar adalah mampu mencapai prestasi belajar sejati. Maksud dari prestasi belajar sejati adalah menjadi dirinya, sekali lagi menjadi diri sejatinya.

Disiplin Waktu

Tentu saja, kegiatan yang  kita lakukan tidak tearah sehingga bisa menjadi kacau semuanya. Untuk itu perlu kedisplinan dari diri sendiri untuk mengatur waktu. Memang sebagian besar dari kita mempunyai aturan waktu atau jadwal waktu kegiatan apa saja yang dilakukan untuk hari ini, besok, dan masa depan. Namun tak sedikit pun yang tidak melakukan rutinitas sesuai dengan jadwal  dengan kata lain orang tersebut tidak menaati peraturan baik yang sudah dibuat sendiri ataupun peraturan yang sudah ditetapkan oleh suatu lembaga bahkan ada pula orang yang  tidak mempunyai jadwal kegiatan sehingga orang tersebut tidak tahu harus melakukan apa saja untuk hari ini, besok dan masa depan.
Sungguh tidak baik apabila dari diri kita sendiri tidak mempunyai kesadaran akan pentingnya sedetik waktu. Karena menurut saya, waktu adalah uang. Waktu tidak dapat ditukar,diputar kembali, waktu hanya bisa terus melaju kedepan. Betapa menyesalnya nanti kita dimasa depan apabila tidak menggunakan waktu sebaik-baiknya di masa sekarang, karena taukah kalian, bahwa masa sekarang dapat menggambarkan seseorang dimasa depan.
Mungkin banyak diantara kita yang terkadang suka mencuri-curi waktu 5 menit lagi untuk bermain, tapi tahukan kalian bahwa 5 menit saja bisa berakibat fatal. Kalau kita sudah terbiasa untuk menunda suatu kegiatan maka kebiasaan buruk untuk menunda sesuatu akan lebih sering terjadi karena adanya faktor kenyamanan dalam menunda sesuatu,sehingga waktu terbuang percuma. Padahal kalau kita tidak menundanya kita dapat merasakan maanfaat dari menghargai waktu.
Sebagai contoh, kita bisa merasa tenang karena kita mengerjakan sesuatu seperti tugas kuliah tepat pada waktunya, tanpa takut dikejar deadline ataupun mendapatkan hukuman karena telat mengumpulkan. Selain manfaat yang didapat dengan kita mengumpulkan tugas lebih awal kita bisa mendapatkan nilai yang lebih baik dan yang paling penting adalah sikap untuk belajar memupuk kedisiplinan diri sendiri terhadap waktu.
Contoh lain pun yang bisa kita ambil yaitu pada saat jam masuk kuliah tepat sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Mungkin sebagian besar dari kalian sering menggap remeh peristiwa kecil ini. Banyak sekali alasan yang dijadikan oleh mahasiswa sebagai penyebab keterlambatan masuk kelas salah satunya adalah bangun kesiangan. Apakah pantas kita disebut mahasiswa? Tidak, bangun kesiangan adalah alasan yang banyak sekali dipakai mulai dari anak SD hingga Mahasiswa. Menurut saya, mahasiswa sesungguhnya adalah seseorang yang sudah benar dewasa, tau baik atau buruknya sesuatu, dan tidak akan bersikap seperti anak kecil yang baru belajar. Seseorang mahasiswa akan berpikir 2 kali untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan logika, bisa mengatur (manage) waktu sesuai dengan jadwal.
Padahal kerugian yang kita dapatkan akibat telat masuk kelas banyak sekali, antara lain kita ketinggalan materi yang sudah disampaikan oleh para pengajar (dosen), ketika kita telat dan masih diperbolehkan untuk masuk kedalam kelas tahukah kalian, bahwa sesungguhnya kita telah mengganggu suasana yang ada didalam kelas, yang tadinya kelas hening, serius dalam belajar, dengan adanya ketelatan seseorang suasana berubah menjadi gaduh. Para pengajar pun terkadang mau tidak mau menasehati bahkan marah terhadap mahasiswa karena kesal, sudah berulang kali dinasehati tapi tidak mau berubah.

Apalagi jika orang tua sampai tahu anaknya telat masuk kelas dan tidak mengikuti pelajaran, betapa sedihnya mereka. Padahal mereka sudah berkerja keras supaya dapat membiayai uang kuliah anaknya. Jangan kecewakan mereka dengan sikap kita yang tidak bertanggung jawab terhadap sesuatu yang kita pilih.

Selain itu dengan kita membiasakan diri disiplin terhadap waktu, tentunya kita tidak menjadi orang yang merugi baik didunia maupun diakhirat. karena biasanya orang yang mempunyai kesadaran akan hal waktu akan lebih banyak mengingat Tuhannya.

Tentunya, kita semua ingin merasakan kesuksesan dimasa yang akan datang bukan? Sukses baik dalam kehidupan duniawi maupun akhirat. Oleh karena itu, mulailah sedini mungkin membiasakan diri disiplin terhadap waktu , kalau kita lupa kita dapat menulis (list to do)kegiatanya yang akan dilakukan dicatatan kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Sehingga, kita bisa menghargai waktu dan tidak akan membiarkan sedetik waktu itu pun hilang. Semoga kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi, karena tidak ada kata terlambat untuk belajar. Untuk itu, supaya tidak menyesal dikemudian hari , selalu berpikir positif terhadap apa yang kita jalani dan tinggalkan sifat buruk seperti rasa malas di dalam diri kita,karena rasa malas akan menjadi bomerang bagi diri kita sendiri. Buatlah orang tua bangga dengan prestasi yang kita miliki.

==========================================

Hotline Service : 0896 8017 6245

==========================================

Disiplin Siswa di Sekolah

Dalam kehidupan sering kita dengar orang mengatakan bahwa si X adalah orang yang memiliki disiplin yang tinggi, sedangkan si Y orang yang kurang disiplin. Sebutan orang yang memiliki disiplin tinggi biasanya tertuju kepada orang yang selalu hadir tepat waktu, taat terhadap aturan, berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku, dan sejenisnya. Sebaliknya, sebutan orang yang kurang disiplin biasanya ditujukan kepada orang yang kurang atau tidak dapat mentaati peraturan dan ketentuan berlaku, baik yang bersumber dari masyarakat (konvensi-informal), pemerintah atau peraturan yang ditetapkan oleh suatu lembaga tertentu (organisasional-formal).
Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolahnya, dan setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya. Kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya itu biasa disebut disiplin siswa. Sedangkan peraturan, tata tertib, dan berbagai ketentuan lainnya yang berupaya mengatur perilaku siswa disebut disiplin sekolah. Disiplin sekolah adalah usaha sekolah untuk memelihara perilaku siswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk berperilakusesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Menurut Wikipedia (1993) bahwa disiplin sekolah “refers to students complying with a code of behavior often known as the school rules”. Yang dimaksud dengan aturan sekolah (school rule) tersebut, sepertiaturan tentang standar berpakaian (standards of clothing), ketepatan waktu, perilaku sosial dan etika belajar/kerja. Pengertian disiplin sekolah kadangkala diterapkan pula untuk memberikan hukuman (sanksi) sebagai konsekuensi dari pelanggaran terhadap aturan, meski kadangkala menjadi kontroversi dalam menerapkan metode pendisiplinannya, sehingga terjebak dalam bentuk kesalahan perlakuan fisik (physical maltreatment) dan kesalahan perlakuan psikologis (psychological maltreatment), sebagaimana diungkapkan oleh Irwin A. Hyman dan Pamela A. Snockdalam bukunya “Dangerous School” (1999).

les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

Mendapatkan IPK Tertinggi

Mendapatkan IPK Tertinggi

Mendapatkan IPK Tinggi

Mendapatkan IPK Tinggi

Guru Les Privat. Setiap mahasiswa pasti mendambakan mendapat nilai IPK tinggi di kampus, jika kita bertanya berapakah IPK tertinggi dan terendah yang bisa didapat oleh seorang mahasiswa? maka jawabannya adalah “nilai IPK tertinggi yang bisa didapat seseorang adalah 4.00 dengan status pujian atau biasa juga disebut sebagai nilai IPK cumlaude. adapun nilai IPK terendah sulit untuk menentukan karena biasanya kampus memiliki kebijakan tersendiri terhadap mahasiswa yang memiliki IPK rendah, misalkan mahasiswa tersebut wajib mengulang mata kuliah yang nilainya di bawah standar atau justru malah di DO dari kampus.  Guru Les Privat

Atau pernakah muncul dibenak kita tentang berapa nilai IPK tertinggi di dunia ? berapa sih batas maksimal IPK tertinggi di dunia? Dalam standar kampus baik nasional maupun international hampir semuanya berpatokan pada standar maksimal IPK yakni 4.0.

IPK tinggi yang didapatkan seorang mahasiswa adalah sebuah indikasi bahwa mahasiswa tersebut memiliki kapabilitas yang cukup mumpuni karena dari yang kita ketahui bahwa pemeberian nilai oleh dosen tidak hanya berdasarkan kemampuan intelektual seorang mahasiswa akan tetapi juga mencakup kemampuan sosial dan cara bersikap terhadap orang lain. mendapat nilai IPK tinggi di kampus memang tidak mudah dan instan butuh usaha dan kerja keras. bagaimana cara mendapat IPK tinggi di kampus? berikut ulasannya

Pilih jurusan sesuai bakat dan minat

pemilihan jurusan yang tepat bisa menjadi faktor utama yang bisa membuat nilai IPK menjadi tinggi. hal ini disebabkan karena mahasiswa yang memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatnya, pasti akan lebih enjoy dan tak terbebani dengan perkuliahan selain itu jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat akan lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh setiap dosen karena mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan pelajaran tersebut.

Rajin Belajar

Hal yang telah menjadi rahasia umum dalam mencapai kesuksesan adalah terus belajar begitupun agar bisa mendapat IPK tinggi di kampus. belajar juga tidak melulu tentang huruf dan angka-angka meluluh namun juga  kemampuan belajar  untuk membaca situasi, belajar untuk mengerti satu sama lain dan belajar untuk

Berpikiran terbuka

Salah satu cara mendapatkan IPK tinggi di kampus adalah dengan menanamkan mindset dalam pikiran untuk mau belajar banyak hal walaupun tidak berkaitan dengan bidang studi yang digeluti. berpikiran terbuka adalah kemauan untuk menerima hal-hal yang baru.

Aktif dalam perkuliahan

untuk mendapatkan nilai IPK tinggi di kampus, mahasiswa yang bersangkutan harus lebih aktif dalam perkuliahan, jangan jadi mahasiswa 3D (datang, duduk, diam). sikap aktif yang ditunjukan oleh mahasiwa dalam perkuliahan menjadi nilai tambah terhadap mahasiwa tersebut di mata dosen.
=========================================

Hotline Service : 0896 8017 6245

=========================================

Ikut LK kampus

aktif dalam lembaga kemahasiswaan atau LK bisa berimplikasi positif terhadap nilai IPK seorang mahasiswa asalkan tidak overaktif sehingga lupa atau mengabaikan perkuliahan. banyak hal yang bisa dipelajari jika aktif dalam LK kampus mulai dari sikap sosial yang lebih pekah, belajar menjadi pribadi yang berkarakter serta banyak hal positif yang lainnya.

Bergabung dengan komunitas belajar

salah satu cara mendongkrak nilai IPK menjadi lebih tinggi adalah bergabung dengan komunitas belajar yang anggotanya memiliki visi yang besar serta memiliki semangat tinggi untuk berprestasi. hal positif yang bisa didapatkan ketika bergabung dengan komunitas belajar adalah kita akan tertular semangat-semangat anggota komunitas lainnya yang memiliki  visi besar dalam hidupnya sehingga kitapun akan lebih termotivasi untuk mencapai target-target hidup yang ingin dicapai.

Displin

syarat mutlak yang harus ada pada mahasiswa jika ingin mendapat IPK tinggi atau nilai IPK cumlaude adalah “disiplin”. banyak orang yang berhasil mewujudkan mimpi-mimpinya karena menanamkan prinsip dalam dirinya untuk dispilin dalam segala hal. disiplin berarti memiliki komitmen dan totalitas terhadap idealisme yang diyakini sehingga tidak ada lagi kompromi terhadap hal-hal yang bisa menghalangi terwujudnya target-target dalam hidup.

Duduk di bangku paling depan

mungkin banyak yang kurang menyadari bahwa pemilihan tempat duduk yang tepat sangat berpengaruh terhadap kemampuan menangkap pelajaran yang disampaikan dosen. jika berharap tidak mendapat nilai IPK standar maka usahakan untuk duduk dibangku paling depan, selain akan lebih jelas mendengar pelajaran dari dosen konsentrasi juga bisa lebih terjaga karena pikiran lebih fokus.

Tingkatkan relasi

Untuk mendapat nilai IPK tinggi atau nilai IPK yang bagus jangan sekali-kali menjadi pribadi yang tertutup, mulailah membuka diri dan berusaha meningkatkan relasi. tidak hanya dengan teman kelas namun usahakan untuk memperbanyak relasi dengan mahasiswa yang berbeda jurusan dengan anda. keuntungan meningkatkan relasi baik itu dengan teman kelas ataupun dengan mahasiswa jurusan lain adalah anda akan belajar banyak ilmu yang suatu saat akan bermanfaat.

Banyak berdoa

doa adalah salah satu kunci terkabulnya segala impian yang menjadi target dalam hidup. jadi dalam setiap usaha yang di lakukan jangan pernah lupa menyelipkan doa dan doa juga adalah penguat dan penyemangat bagi seseorang dalam usahanya menggapai impiannya.
Demikianlah Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus, sebenarnya ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa dalam mendapatkan nilai IPK tinggi namun kali ini penulis hanya menulis 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus. ingat juga bahwa sukses adalah kepastian maka tugas kita adalah memastikan dan memantaskan diri kita untuk sukses.
les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

Mengatasi Penyakit Malas

Mengatasi Penyakit Malas

Mengatasi Penyakit Malas

Mengatasi Penyakit Malas

Guru Les Privat. Rasa malas sejatinya merupakan sejenis penyakit mental. Siapa pun yang dihinggapi rasa malas akan kacau kinerjanya dan ini jelas-jelas sangat merugikan. Sukses dalam karir, bisnis, dan kehidupan umumnya tidak pernah datang pada orang yang malas. Rasa malas juga menggambarkan hilangnya motivasi seseorang untuk melakukan pekerjaan atau apa yang sesungguhnya dia inginkan. Guru Les Privat

Rasa malas diartikan sebagai keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Masuk dalam keluarga besar rasa malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun, rasa sungkan, suka menunda sesuatu, mengalihkan diri dari kewajiban,dll.

Cara Mengatasi Penyakit Malas

Karena malas, seseorang seringkali tidak produktif bahkan mengalami stag. Badan terasa lesu, semangat dan gairah menurun, ide pun tak mengalir. Akibatnya tidak ada kekuatan apapun yang membuat Anda bisa bekerja. Kalau dibiarkan saja, penyakit malas ini akan semakin ‘kronis’.

Pada era globalisasi, perilaku malas sangat merugikan. Sebab, pada era ini berlaku nilai siapa yang mampu dan produktif, dialah yang akan berhasil. Tapi tentu saja, perilaku ini bukanlah kartu mati yang tidak bisa diubah.

Menurut pakar psikologi, seseorang berperilaku malas terhadap pekerjaan atau suatu kegiatan disebabkan karena dia tidak memiliki motivasi yang kuat setiap kali mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu perlu adanya kiat atau cara mengatasi penyakit malas ini.

Seorang yang malas bekerja, motivasinya terhadap pekerjaan tersebut sangat rendah. Sikapnya terhadap pekerjaan itu cenderung negatif akibat persepsi yang diberikannya terhadap pekerjaan itu kurang baik. Ini lantaran sistem nilai yang ada dalam dirinya membuat dia berperilaku malas untuk melakukan pekerjaan itu. Sementara terhadap pekerjaan lainnya mungkin tidak begitu.

=========================================

Hotline Service : 0896 8017 6245

=========================================

 

 

Perilaku Malas Merupakan Hasil Suatu Bentukan

Artinya, perilaku itu bisa dibentuk kembali menjadi baik atau tidak malas. Pembentukan kembali perilaku seseorang tadi sebetulnya sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, bisa orang tua, teman, atau orang lain di sekitarnya. So, dalam mengubah perilaku seseorang, yang paling mendasar adalah mengubah persepsinya.

Untuk itu, perlu mempelajari dan mengambil sistem nilai yang bisa mengubah persepsinya atau memberikan sistem nilai lain yang baru baginya.

Menurut Dollard & Miller, psikolog asal AS, perilaku manusia terbentuk karena faktor ‘kebiasaan’. Jika seseorang terbiasa bersikap rajin dan bersemangat maka ia akan selalu rajin dan bersemangat, begitu juga sebaliknya. Sehingga jika Anda tergolong pemalas, jalan untuk merubahnya adalah dengan membiasakan diri untuk melawan sikap malas. Dollard & Miller menambahkan, ‘teori belajar’ juga cocok untuk merubah sikap malas.

Belajar disini dijabarkan ‘memberikan stimulus (rangsangan) agar terbentuk respons sehingga menimbulkan drive atau dorongan untuk berperilaku. Dan kalau berhasil, Anda akan mendapatkan reward atau imbalan.

Rasa malas jelas merugikan. Obat mujarabnya adalah menumbuhkan kebiasaan disiplin diri dan menjaga kebiasaan positif tersebut. Sekalipun seseorang memiliki cita-cita atau impian yang besar, jika kemalasannya mudah muncul, maka cita-cita atau impian besar itu akan tetap tinggal di alam impian. Jadi, kalau Anda ingin sukses, jangan mempermudah munculnya rasa malas.

les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

Masalah-Masalah Dalam Belajar

Masalah-Masalah Dalam Belajar

Masalah Dalam Belajar

Masalah Dalam Belajar

Guru Les Privat. Masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh murid dan menghambat kelancaran proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Guru Les Privat

Kondisi tertentu itu dapat berkenaan dengan keadaan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan dan dapat juga berkenaan dengan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi dirinya. Masalah-masalah belajar ini tidak hanya dialami oleh murid-murid yang lambat saja dalam belajarnya, tetapi juga dapat menimpa murid-murid yang pandai atau cerdas.

Definisi Masalah Belajar

Banyak ahli mengemukakan pengertian masalah. Ada yang melihat masalah sebagai ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan, ada yang melihat sebagai tidak terpenuhinya kebutuhan seseorang, dan adapula yang mengartikannya sebagai suatu hal yang tidak mengenakan. Prayitno (1985) mengemukakan bahwa masalah adalah sesuatu yang tidak disukai adanya, menimbulkan kesulitan bagi diri sendiri dan atau orang lain, ingin atau perlu dihilangkan. Sedangkan menurut pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan dalam tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengertian belajar dapat didefinisikan “Belajar ialah sesuatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.

 

Masalah-Masalah Internal Belajar

Dalam interaksi belajar mengajar siswa merupakan kunci utama keberhasilan belajar selama proses belajar yang dilakukan. Proses belajar merupakan aktivitas psikis berkenaan dengan bahan belajar.
Untuk bertindak belajar siswa menghadapi masalah-masalah secara intern. Jika siswa tidak dapat mengatasi masalahnya, maka ia tidak dapat belajar dengan baik. Terdapat beberapa faktor intern yang dialamai dan dihayati oleh siswa dan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap proses belajar. Faktor-faktor tersebut akan diuraikan sebagai berikut:

Sikap Terhadap Belajar

Sikap merupakan kemampuan memberikan penilaian tenyang sesuatu, yang membawa diri sesuai dengan penilaian. Adanya penilaian terhadap sesuatu memberikan sikap menerima, menolak atau mengabaikannya begitu saja. Selama melakukan proses pembelajaran sikap siswa akan menentukan hasil dari pembelajaran tersebut. Pemahaman siswa yang salah terhadap belajar akan membawa kepada sikap yang salah dalam melakukan pembelajaran. Sikap siswa ini akan mempengaruhinya terhadap tindakan belajar. Sikap yang salah akan membawa siswa mersa tidak peduli dengan belajar lagi. Akibatnya tidak akan terjadi proses belajar yang kondusif. Tentunya hal ini akan sangat menghambat proses belajar. Sikap siswa terhadap belajar akan menentukan proses belajar itu sendiri. Ketika siswa sudah tidak pesuli terhadap belajar maka upaya pembelajaran yang dilakaukan akan sia-sia. Maka siswa sebaiknya mempertimbangkan masak-masak akibat sikap terhadap belajar.

Motivasi Belajar

Tidak diragukan bahwa dorongan belajar mempunyai peranan besar dalam menumbuhkan semangat pada siswa untuk belajar. Karena seorang siswa meski memiliki semangat yang tinggi dan keinginan yang kuat, pasti akan tetap ditiup oleh angin kemalasan, tertimpa keengganan dan kelalaian. Maka tunas semangat ini harus dipelihara secara terus menerus.
Motivasi belajar merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar. Lemahnya motivasi atau tiadanya motivasi belajar akan melemahkan kegiatan belajar. Selanjutnya mutu belajar akan menjadi rendah. Oleh karena itu motivasi belajar pada diri siswa perlu diperkuat terus menerus.
Motivasi yang diberikan dapat meliputi penjelasan tentang keutamaan ilmu dan keutamaan mencari ilmu. Bila siswa mengetahui betapa besarnya keutamaan sebuah ilmu dan betapa besarnya ganjaran bagi orang yang menuntut ilmu, maka siswa akan merasa haus untuk menuntut ilmu. Selain itu bagaimana seorang gurumampu membuat siswanya merasa membutuhkan ilmu. Bila seseorang merasa membutuhkan ilmu maka tanpa disuruhpun siswa akan mencari ilmu itu sendiri. Sehingga semangat siswa untuk menunutut ilmu sangat tinggi, dan hal ini akan memudahkan proses belajar.

Konsentrasi Belajar

Konsentrasi belajar merupakan kemampuan memusatkan perhatian pada pelajaran. Pemusatan perhatian tersebut tertuju pada isi bahan belajar maupun proses memperolehnya. Untuk memperkuat perhatian guru perlu melakukan berbagai strategi belajar mengajar dan memperhatikan waktu belajar serta selingan istirahat. Yang perlu diperhatikan oleh guru ketika memulai proses belajar ialahsebaiknya seorang guru tidak langsung melakukan pembelajaran namun seorang guru harus memusatkan perhatian siswanya sehingga siap untuk melakukan pembelajaran. Sebab ketika awal masuk kelas perhatian siswa masih terpecah-pecah dengan berbagai masalah. Sehingga sangat perlu untuk melkukan pemusatan perhatian dengan berbagai strategi.
Menurut seorang ilmuan ahli psikologis kekuatan belajar seseorang setelah tigapuluh menit telah mengalami penurunan. Ia menyarankan agar guru melakukan istirahat selama beberapa menit. Istirahat ini tidak harus keluar kelas melainkan dapat berupa obrolan ringan yang mampu membuat siswa merasa rileks kembali. Dengan memberikan selingan istirahat, maka perhatian dan prestasi belajar dapat ditingkatkan.

Mengolah Bahan Belajar

Mengolah bahan belajar merupakan kemampuan siswa untuk menerima isi dan cara pemerolehan ajaran sehingga menjadi bermakna bagi siswa. Isi bahan belajar merupakan nilai nilai dari suatu ilmu pengetahuan, nilai agama, nilai kesusilaan, serta nilai kesenian. Kemampuan siswa dalam mengolah bahan pelajaran menjadi makin baik jika siswa berperan aktif selama proses belajar. Misalnya, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang disampaikan, sehingga siswa benar-benar memahami materi yang telah disampikan. Siswa akan mengolah bahan belajar dengan baik jika mereka merasa materi yang diampaikan menarik, sehingga seorang guru sebaiknya menyampaikan materi secara menarik sehingga siswa akan memusatkan perhatiannya terhadap materi yang disampaikan oleh guru.

Menyimpan Perolehan Hasil Belajar

Menyimpan perolehan hasil belajar merupakan kemampuan menyimpan isi pesan dan cara perolehan pesan. Kemampuan menyimpan tersebut dapat berlangsung dalam jangka waktu yang pendek maupun dalam jangka waktu yang panjang. Proses belajar terdiri dari proses pemasukan , proses pengolahan kembali dan proses penggunaan kembali. Biasanya hasil belajar yang disimpan dalam jagka waktu yang panjang akan mudah dilupakan oleh siswa. Hal ini akan terjadi jika siswa tidak membuka kembali bahan belajar yang telah diberikan oleh seorang guru.
Untuk mengatasi hal ini sebaiknya guru mengingatkan akan materi yang telah lama diberikan, serta memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi tersebut. Sehingga mau atau tidak mau siswa akan berusaha untuk mengingat kembali materi yang telah lama disampaikan serta membuka kembali buku yang berkaitan dengan materi tersebut. Sehingga Ingatan yang disimpan dalam jangka panjang akan semakin kuat.

Menggali Hasil Belajar Yang Tersimpan

Menggali hasil belajar yang tersimpan merupakan proses mengaktifkan pesan yang telah diterima. Dalam hal baru maka siswa akan memperkuat pesan dengan cara mempelajari kembali atau mengaitkannya dengan bahan lama. Dalam hal pesan lama maka siswa akan memanggil atau membangkitkan kembalipesan dan pengalaman lama untuk suatu unjuk hasil belajar. Ada kalanya siswa mengalami gangguan dalam menggali pesan dan kesan lama. Gangguan tersebut bukan hanya bersumber pada pemanggilan atau pembangkitannya sendiri. Gangguan tersebut dapat dikarenakan kesukaran penerimaan, pengolahan dan penyimpanan. Jika siswa tidak memperhatikan dengan baik pada saat penerimaan maka siswa tidak memiliki apa apa. Jikasiswa tidak berlatih sungguh sungguh maka siswa tidak akan memiliki ketrampilan.

Kemampuan Berprestasi

Kemampuan berprestasi atau unjuk hasil belajar merupakan puncak suatu proses belajar. Pada tahap ini siswa membuktikan hasil belajar yang telah lama ia lakukan. Siswa menunjukan bahwa ia telah mampu memecahkan tugas-tugas belajar atau menstransfer hasil belajar. Dari pengalaman sehari-hari di sekolah diketahui bahwa ada sebagian siswa tidak mampu berprestasi dengan baik. Kemampuan berprestasi tersebut terpengaruh pada proses-proses penerimaan, pengaktifan, pra-pengolahan, pengolahan, penyimpanan, serta pemanggilan untuk pembangkitan pesan dan pengalaman.

Rasa Percaya Diri Siswa

Rasa percaya diri timbul dari keinginan mewujudkan diri bertindak dan berhasil. Dari segi perkembangan, rasa percaya diri dapat timbul berkat adanya pengakuan dari lingkungan. Dalam proses belajar diketahui bahwa unjuk prestasi merupakan tahap pembuktian perwujudan diriyang diakui oleh guru dan rekan sejawat siswa. Semakin sering siswa mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik maka rasa percaya dirinya akan meningkat. Dan apabila sebaliknya yang terjadi maka siswa akan merasa lemah percaya dirinya.

Intelegensi Dan Keberhasilan Belajar

Intelegensi merupakan suatu kecakapan global atau rangkuman kecakapan untuk dapat bertindak secara terarah, berpikir secara baik dan bergaul dengan lingkungan secara efisien. Kecakapan tersebut menjadi actual bila siswa memecahkan masalah dalam belajar atau kehidupan sehari-hari.
Dengan perolehan hasil belajar yang rendah, yang disebabkan oleh intelegensi yang rendah atau kurangnya kesungguhan belajar, berarti terbentuknya tenaga kerja yang bermutu rendah . Hal ini akan merugikan calon tenaga kerja itu sendiri. Oleh karena itu pada tempatnya mereka didorong untuk melakukan belajar dibidang kterampilan.

Kebiasaan Belajar

Kebiasaan-kebiasaan belajar siswa akan mempengaruhi kemampunanya dalam berlatih dan menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru. Kebiasaan buruk tersebut dapat berupa belajar pada akhir semester, belajar tidak teratur, menyia-nyiakan kesempatan belajar, bersekolah hanya untuk bergengsi, datang terlambat bergaya pemimpin, bergaya jantan seperti merokok. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dapat ditemukan di sekolah-sekolah pelosok, kota besar, kota kecil. Untuk sebagian kebiasaan tersebut dikarenakan oleh ketidakmengertian siswa dengan arti belajar bagi diri sendiri.

Cita-Cita Siswa

Cita-cita sebagai motivasi intrinsic perlu didikan. Didikan memiliki cita-cita harus ditanamkan sejak mulai kecil. Cita-cita merupakan harapan besar bagi siswa sehingga siswa selalu termotivasi untuk belajar dengan serius demi menggapai cita-cita tersebut. Dengan mengaitkan pemilikan cita-cita dengan kemampuan berprestasi maka siswa diharapkan berani bereksplorasi sesuai dengan kemampuannya sendiri.

Faktor-Faktor Ekstern Belajar

Proses belajar didorong oleh motivasi intrinsic siswa. Disamping itu proses belajar juga dapat terjadi, atau menjadi bertambah kuat, bila didorong oleh lingkungan siswa. Dengan kata lain aktifitas belajar dapat meningkat bila program pembelajaran disusun dengan baik. Program pembelajaran sebagai rekayasa pendidikan guru di sekolah merupakan factor eksternal belajar. Ditinjau dari segi siswa, maka ditemukan beberapa factor eksternal yang berpengaruh pada aktifias belajar. Faktor-fsktor eksternal tersebut adalah sebagai berikut

Guru Sebagai Pembina Siswa Belajar

Guru adalah pengajar yang mendidik . Ia tidak hanya mengajar bidang studi yang sesuai dengan keahliannya, tetapi juga menjadi pendidik pemuda generasi bangsanya. Guru yang mengajar siswa adalah seorang pribadi yang tumbuh menjadi penyandang profesi bidang studi tertentu. Sebagai seorang pribadi ia juga mengembangkan diri menjadi pribadi utuh. Sebagai seorang diri yang mengembangkan keutuhan pribadi, ia juga menghadapi masalah pengembangan diri, pemenuhan kebutuhan hidup sebagai manusia.
Dengan penghasilan yang diterimanya setiap bulan ia dituntut berkemampuan hidup layak sebagai seorang pribadi guru. Tuntutan hidup layak tersebut sesuai dengan wilayah tempat tinggal dan tugasnya. Guru juga menumbuhkan diri secara professional. Ia bekerja dan bertugas mempelajari profesi guru sepanjang hayat. Mengatasi masalah-masalah keutuhan secara pribadi, dan pertumbuhan profesi sebagai guru merupakan pekerjaan sepanjang hayat. Kemampuan mengatasi kedua masalah tersebut merupakan keberhasilan guru membelajarkan seorang siswa.

Prasarana Dan Sarana Pembelajaran

Prasarana pembelajaran meliputi sarana olahraga, gedung sekolah ruang belajar, tempat ibadah, ruang kesenian, dan peralatan olahraga. Sarana pembelajaran meliputi buku pelajaran, buku bacaan, alat dan fasilitas laboratorium sekolah dan berbagai media pengajaran yang lain. Lengkapnya sarana dan prasarana pembelajaran merupakan kondisi pembelajaran yang baik. Hal ini tidak berarti bahwa lengkapnya sarana dan prasarana menentukan jaminan melakukan proses pembelajaran yang baik. Justru disinilah muncul bagaimana mengolah sarana dan prasaranapembelajaran sehingga tersenggara proses belajar yang berhasil dengan baik.

Kebijakan Penilaian

Kegiatan penilaian merupakan proses belajar mencapai puncaknya pada hasil belajar siswa atau unjuk kerja siswa. Sebagai suatu hasil maka dengan unjuk kerja tersebut maka proses belajar berhenti untuk sementara. Dan terjadilah penilaian. Hasil belajar merupakan hasil proses belajar. Pelaku aktif dalam belajar adalah siswa. Pelaku aktif dalam pembelajaran adalah guru. Dengan demikian, hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi, dari sisi siswa hasil belajar merupak tingkat perkembangan mental yang lebing baik bila dibandingkan pada saat pra belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, efektif, dan psikomotorik. Hasil belajar dinilai dari ukuran-ukuran guru, tingkat sekolah dan tingkat nasional. Jika digolonhkan lulus maka dapay dikatakan proses belajar siswa dan tindak mengajar guru berhenti sementara. Jika digolongkan tidak lulus, terjadilah proses belajar ulang bagi siswa dan mengajar ulang bagi guru.

Lingkungan Sosial Siswa Di Sekolah

Tiap siswa dalam lingkunga sosial memiliki kedudukan, peranan dan tanggung jawab sosial tertentu. Dalam kehidupan tersebut terjadi pergaulan seperti hubungan sosial tertentu. Dalam kehidupan tersebut terjadi hubungan akrab kerjasama, kerja berkoprasi, berkompetisi, bersaing, konflik atau perkelahian.

Kurikulum Sekolah

Kurikulum yang diberlakukan di sekolahadalah kurikulum nasional yang disahkan oleh pemerintah, atau yayasan pendidikan. Kurikulum disusun berdasarkan tuntutan kemajuan masyrakat. Dengan kemajuan dan perkembangan masyrakat timbul tuntutan kebutuhan baru dan akibatnya kurikulum sekolah perlu direkonstruksi. Adanya rekonstruksi itu menimbulkan kurikulum baru. Perubahan kurikulum sekolah menimbulkan masalah seperti tujuan yang akan dicapai mungkin akan berubah, isi pendidikan berubah, kegiatan belajar mengajar berubah serta evaluasi beruba.

==========================================

Hotline Service : 0896 8017 6245

==========================================

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Masalah Belajar

Kesulitan belajar ini merupakan suatu gejala yang nampak dalam berbagai jenis pernyataan ( manifestasi ). Karena guru bertanggung jawab terhadap proses belajar-mengajar, maka ia seharusnya memahami manifestasi gejala-gejala kesulitan belajar. Pemahaman ini merupakan dasar dalam usaha memberikan bantuan kepada murid yang mengalami kesulitan belajar.
Pada dasarnya dari setiap jenis-jenis masalah, khususnya dalam masalah belajar murid di SD, cenderung bersumber dari faktor-faktor yang melatarbelakanginya ( penyebabnya ). Seorang guru setelah mengetahui siapa murid yang bermasalah dalam belajar serta jenis masalah apa yang dihadapinya. Selanjutnya guru dapat melaksanakan tahap berikutnya, yaitu mencari sebab-sebab terjadinya masalah yang dialami murid dalam belajar. Meskipun seorang guru tidak mudah menentukan sebab-sebab terjadi masalah yang sesungguhnya, karena masalah belajar cenderung sangat kompleks.

Menurut Lindgren, (1967 : 55) bahwa lingkungan sekolah, terutama guru. Guru yang akrab dengan murid, menghargai usaha-usaha murid dalam belajar dan suka memberi petunjuk kalau murid menghadapi kesulitan, akan dapat menimbulkan perasaan sukses dalam diri muridnya dan hal ini akan menyuburkan keyakinan diri dalam diri murid. Melalui contoh sikap sehari-hari, guru yang memiliki penilaian diri yang positif akan ditiru oleh muridnya, sehingga murid-muridnya juga akan memiliki penilaian diri yang positif.
Jadi jelaslah bahwa guru yang kurang akrab dengan murid, kurang menghargai usaha-usaha murid maka murid akan merasa kurang diperhatikan dan akan mengakibatkan murid itu malas belajar atau kurangnya minat belajar sehingga anak itu akan mengalami kesulitan belajar. Keberhasilan seorang murid dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berasal dari sekolah seperti guru yang harus benar-benar memperhatikan peserta didiknya.
Menurut Belmon dan Morolla (1971 : 107) menyimpulkan dari hasil penelitiannya, bahwa anak-anak yang berasal dari keluarga yang banyak jumlah anak, mempunyai keterampilan intelektual lebih rendah daripada anak-anak yang berasal dari keluarga yang jumlah anaknya sedikit.

Mengidentifikasi murid yang diperkirakan mengalami masalah belajar

Murid yang mengalami masalah belajar, dapat diidentifikasi melalui tes hasil belajar, tes kemampuan dasar, skala pengungkapan sikap dan kebiasaan belajar.

Tes Hasil Belajar

Tes hasil belajar adalah alat yang disusun untuk mengungkapkan sejauh mana murid telah mencapai tujuan-tujuan pengajaran yang ditetapkan sebelumnya murid-murid dikatakan telah mencapai tujuan pengajaran apabila dia telah menguasai sebagian besar materi yang berhubungan dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Ketentuan ini merupakan penerapan dari belajar tuntas ( mastery learning ) yang didasarkan pada asumsi bahwa setiap murid dapat mencapai hasil belajar sesuai yang diharapkan jika diberi waktu yang cukup dan bimbingan yang memadai untuk mempelajari bahan yang disajikan. Ketentuan penguasaan bahan ditentukan dengan menetapkan patokan, yaitu presentasi minimal yang harus dicapai oleh murid yang belum menguasai bahan pelajaran sesuai dengan patokan yang ditetapkan, dikatakan belum menguasai tujuan pengajaran. Murid yang seperti ini digolongkan sebagai murid yang mengalami masalah belajar dan memerlukan bantuan khusus, sedangkan murid yang sudah menguasai secara tuntas semua bahan-bahan yang disajikan sebelum batas waktu yang ditetapkan berakhir, digolongkan sebagai murid yang sangat cepat dalam belajar. Mereka ini patut untuk mendapatkan pelajaran tambahan.

Tes Kemampuan Dasar

Setiap murid mempunyai kemampuan dasar atau kecerdasan tertentu. Tingkat kemampuan ini biasanya diukur atau diungkapkan dengan menggunakan tes kecerdasan yang sudah baku.
Diasumsikan bahwa anak normal, memiliki tingkat kecerdasan (I Q) antara 90-109. Hasil yang dicapai murid hendaknya dapat mencerminkan tingkat kemampuan yang dimilikinya. Murid yang kemampuan dasarnya tinggi akan mencapai hasil belajar yang tinggi pula. Bilamana seseorang murid mencapai hasil belajar yang lebih rendah dari tingkat kecerdasan yang dimilikinya, maka murid yang bersangkutan digolongkan sebagai yang mengalami masalah belajar. ( menurut Gagne 1967 ).

Skala Sikap dan Kebiasaan Belajar

Sikap dan kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor yang penting dalam belajar. Sebagian dari hasil belajar, ditentukan oleh sikap dan kebiasaan yang dilakukan oleh murid dalam belajar. Kebiasaan belajar menunjuk pada bentuk dan pola perilaku yang dilakukan terus menerus oleh murid dalam belajar.
Sebagian dari sikap kebiasaan belajar murid, dapat diketahui melalui pengamatan yang dilakukan di dalam kelas. Misalnya, dalam hal mengerjakan tugas-tugas, membaca buku, membuat catatan dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan belajar murid. Tetapi pengamatan biasanya terbatas pada sikap dan kebiasaan yang diterima oleh alat indera. Untuk mengungkapkan sikap dan kebiasaan yang lebih luas telah dikembangkan beberapa alat berupa “skala sikap dan kebiasaan belajar”. Alat ini akan dapat mengungkapkan derajat cara murid mengerjakan tugas-tugas sekolah, sikap terhadap guru, sikap dalam menerima pelajaran dan kebiasaan dalam melaksanakan kegiatan belajar.

les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Siswa

Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Siswa

Stop Kenakalan Remaja

Stop Kenakalan Remaja

Guru Les Privat. Dunia pendidikan dewasa ini menghadapi berbagai masalah yang sangat komplek yang perlu mendapatkan perhatian. Masalah-masalah tersebut antara lain kurikulum yang berubah-ubah sehingga sekolah kurang siap dalam melaksanakan, keadaan guru yang kurang memenuhi syarat dari segi tingkat pendidikan, fasilitas sekolah yang tidak lengkap maupun masalah kesiswaan yang menyebabkan menurunnya tata krama sosial dan etika moral dalam praktek kehidupan sekolah yang mengakibatkan sejumlah ekses negatif yang amat merisaukan masyarakat. Ekses tersebut antara lain semakin maraknya berbagai penyimpangan norma kehidupan agama dan sosial kemasyarakatan yang terwujud dalam bentuk kenakalan siswa di sekolah seperti dibawah ini. Guru Les Privat
1. Kurang hormat kepada guru dan karyawan. Perilaku ini tampak dalam hubungan siswa dengan guru atau karyawan di mana siswa sering acuh tak acuh terhadap keberadaan guru dan karyawan sekolah.
2. Kurang disiplin terhadap waktu dan tidak mengindahkan peraturan. Siswa masih sering terlambat masuk kelas, membolos, tidak memakai seragam dengan lengkap, dan menggunakan model baju yang tidak sesuai ketentuan sekolah dan membawa senjata tajam.
3. Kurang memelihara keindahan dan kebersihan lingkungan. Perilaku ini tampak dengan adanya perbuatan mencorat-coret dinding sekolah atau kelas, merusak tanaman, dan membuang sampah seenaknya.
4. Perkelahian antar pelajar, sering terjadi perkelahian antar siswa satu sekolah bahkan perkelahian antar sekolah.
5. Merokok di sekolah pada jam istirahat.

Masalah ini bila tidak segera diatasi akan semakin mengancam kehidupan generasi bangsa khususnya dan tata kehidupan sosial masyarakat pada umumnya. Ditinjau dari usia remaja, usia tersebut merupakan usia sekolah bagi anak. Di lingkungan sekolah posisi remaja adalah sebagai siswa, jadi kenakalan remaja yang dilakukan oleh peserta didik dapat disebut sebagai kenakalan siswa. Dari pengertian ini dapat disimpulkan kenakalan siswa adalah penyimpangan perilaku siswa yang berakibat siswa melanggar aturan, tata tertib, dan norma kehidupan di sekolah dan masyarakat.

Setiap masyarakat di manapun mereka berada pasti mengalami perubahan, perubahan itu terjadi akibat adanya interaksi antar manusia. Perubahan sosial tidak dapat dielakkan lagi, berkat adanya kemajuan ilmu dan teknologi membawa banyak perubahan antara lain perubahan norma, nilai, tingkah laku dan pola-pola tingkah laku baik individu maupun kelompok.

========================================

Hotline Service : 0896 807 6245

========================================

Penyebab Kenakalan Remaja

Kenakalan siswa (remaja) yang sering terjadi di dalam sekolah dan masyarakat bukanlah suatu keadaan yang berdiri sendiri. Kenakalan remaja tersebut timbul karena adanya beberapa sebab antara lain :

Keadaan Keluarga

Keadaan keluarga yang dapat menjadikan sebab timbulnya kenakalan remaja dapat berupa keluarga yang tidak normal (broken home) maupun jumlah anggota keluarga yang kurang menguntungkan. Broken home terutama perceraian atau perpisahan orang tua dapat mempengaruhi perkembangan anak. Dalam keadaan ini anak frustasi, konflik-konflik psikologis sehingga keadaan ini dapat mendorong anak menjadi nakal.

Keberadaan Pendidikan Formal

Dewasa ini sering terjadi perlakuan guru yang tidak adil, hukuman yang kurang menunjang tercapainya tujuan pendidikan, ancaman dan penerapan disiplin terlalu ketat, disharmonis hubungan siswa dan guru, kurangnya kesibukan belajar di rumah. Proses pendidikan yang kurang menguntungkan bagi perkembangan jiwa anak kerapkali memberikan pengaruh kepada siswa untuk berbuat nakal, sering disebut kenakalan remaja.

Keadaan Masyarakat

Anak remaja (siswa) sebagai anggota masyarakat selalu mendapat pengaruh dari lingkungan masyarakatnya. Pengaruh tersebut adanya beberapa perubahan sosial yang cepat yang ditandai dengan peristiwa yang sering menimbulkan ketegangan seperti persaingan dalam ekonomi, pengangguran, masmedia, dan fasilitas rekreasi.

Pada dasarnya kondisi ekonomi memiliki hubungan erat dengan timbulnya kejahatan. Adanya kekayaan dan kemiskinan mengakibatkan bahaya besar bagi jiwa manusia, sebab kedua hal tersebut mempengaruhi jiwa manusia dalam hidupnya termasuk anak-anak remaja.

Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Untuk menghindari masalah yang akan timbul akibat pergaulan, selain mengarahkan untuk mempunyai teman bergaul yang sesuai, orang tua hendaknya juga memberikan kesibukan dan mempercayakan sebagian tanggung jawab rumah tangga kepada si remaja. Pemberian tanggung jawab ini hendaknya tidak dengan paksaan maupun mengada-ada. Si remaja di beri pengertian yang jelas sekaligus diberikan teladan. Sebab dengan memberikan tanggung jawab dalam rumah akan dapat mengurangi waktu ’ kluyuran ” tidak karuan dan sekaligus dapat melatih anak mengetahui tugas dan kewajiban serta tanggung jawab dalam rumah tangga. Mereka dilatih untuk disiplin serta mampu memecahkan masalah sehari-hari, mereka dididik mandiri.

Orang tua hendaknya membantu memberikan pengarahan masa depan si remaja, mereka diarahkan agar dapat memilih sekolah yang diharapkan serta mengembangkan bakat yang ada, untuk pemilihan study lanjut tidak semata-mata karena keinginan orang tua dan pilihan orang tua. Pemaksaan ini justru akan berakhir dengan kekecewaan, sebab meski ada sebagian anak yang berhasil mengikuti kehendak orang tuanya, tetapi tidak sedikit yang frustasi dan akhirnya tidak ingin bersekolah sama sekali. Mereka malah pergi bersama kawan-kawannya, bersenang-senang tanpa mengenal waktu bahkan mungkin kemudian menjadi salah satu pengguna obat-obat terlarang.

Dengan banyaknya waktu luang yang dimiliki remaja maka tindakan iseng sering dilakukan untuk mengisi waktu luang hal ini dimaksudkan juga untuk menarik perhatian lingkungannya. Perhatian yang diharapakan dapat berasal dari orang tuanya maupun kawan sepermainannya. Celakanya, kawan sebaya sering menganggap iseng berbahaya adalah salah satu bentuk pamer sifat jagoan yang sangat membanggakan. Misalnya, ngebut tanpa lampu di malam hari, mencuri, merusak, minum minuman keras, dan sebagainya.

Oleh karena itu orang tua hendaknya memberikan pengarahan yang berdasarkan cinta kasih bahwa sikap iseng negatif seperti itu akan merugikan dirinya sendiri, orang tua, maupun lingkungannya. Dalam memberikan pengarahan, orang tua hendaknya hanya membatasi keisengan mereka. Jangan terlalu ikut campur dengan urusan remaja. Ada kemungkinan keisengan remaja adalah semacam ”refresing” atas kejenuhannya dengan urusan tugas-tugas sekolah. Dan apabila anak suka berkelahi orang tua bisa mengarahkannya pada satu kelompok kegiatan bela diri.

Banyaknya masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan yang menimbulkan banyak ekses negatif yang sangat merisaukan masyarakat. Ekses tersebut antara lain makin maraknya berbagai penyimpangan norma kehidupan agama dan sosial masyarakat yang terwujud dalam bentuk kenakalan siswa atau kenakalan remaja.

Yang dimaksud dengan kenakalan remaja yaitu tindak perbuatan remaja yang melanggar norma-norma agama, sosial, hukum yang berlaku di masyarakat di mana perbuatannya itu dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain, dan tindakan itu bila dilakukan oleh orang dewasa dikategorikan tindak kriminal

les privat, guru les privat, guru privat, les privat bahasa inggris, les privat Jakarta, bahasa inggris guru, les private, guru les, guru les privat ke rumah, les privat bandung, privat bahasa inggris, biaya les privat, les matematika, guru privat ke rumah, les privat mengaji alquran iqro qiroati tahsin, les privat piano, les privat keyboard, les privat computer, les privat gitar, les privat mandarin, les privat bahasa jepang, les privat renang anak dan dewasa, les privat sbmptn simak ui, les privat gambar lukis manga, les privat olimpiade osn, les privat fisika kimia, les akuntansi, les biologi geografi

You might also likeclose